Resume Hari Pertama dengan Tema Menulis Setiap Hari sebagai pemateri Bapak Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd.,M.Pd. akrab dengan sebutan Omjay.

 Gelombang ke: 29

Pertemuan Ke: 1

Hari/Tanggal: Senin /19 Juni 2023

Pukul: 19.00-21.00

Materi: Menulis Setiap Hari

Pemateri: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Moderator: Raliyanti


Alhamdulillah hari ini, senin tanggal 19 Juni 2023, saya mengikuti pelatihan Kegiatan Belajar Menulis bersama PGRI yang ke-29.  Hari ini merupakan hari pertama mendapatkan materi dari narasumber. Bapak Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd. yang akrab dipanggil Omjay sebagai narasumber di hari ini.  Sebagai moderatornya Ibu Raliyanti.

 

Omjay lahir di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972. Beliau mendapatkan gelar Doktor Pendidikan pada tahun 2022. Omjay mengajar bidang studi TIK/Informatika di SMP Labschool Jakarta sejak tahun 1992.

Omjay sering menjadi narasumber dibeberapa kegiatan, Omjay juga sebagai Penulis dan telah berhasil menulis buku paket TIK kelas 7, 8, dan 9 SMP bersama Tim pengajar TIK Labschool Jakarta diterbitkan oleh Rajagrafindo.

Omjay memiliki motto hidup: Kejujuran Kunci Keberhasilan dan Kesuksesan. Omjay memiliki hobbi menulis di blog. Banyak sekali prestasi ilmiah yang dihasilkan Omjay. Sungguh seorang yang dapat menginspirasi buat kita, apalagi seperti saya yang masih seumur jagung di dunia penulis.

 

Pada hari pertama, Omjay berbagi ilmu menulis bertemakan “Menulis Setiap Hari”.

Diawal pembukaan Omjay mengatakan bahwa menulislah setiap hari, jadikan menulis seperti halnya dengan makan dan minum, jadikan menulis suatu kebutuhan kita setiap hari.

 

Menulis itu tidak perlu didahului dengan ide. Omjay mengatakan menulislah dari mendeskripsikan barang-barang yang ada di sekitar kita. Omjay menulis terinspirasi dari sebuah buku yang berjudul “Menulis Itu Menyenangkan” karya Sim Chung Wei.

 

Omjay menghimbau kepada peserta untuk menyempatkan waktu untuk duduk sebentar dan memulai MENULIS karena menurut Omjay tidak ada usaha yang mengkhiani hasil. Jika ingin menjadi seorang Penulis, maka diperlukan latihan. Omjay membiasakan diri dengan menulis 500 kata setiap harinya.

 

Omjay juga memotivasi dengan kami peserta untuk memulai menulis dengan 3 alinea, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.  Dengan 3 alinea ini akan dapat membentuk suatu tulisan yang bermanfaat buat diri kita dan diri orang lain.

 

Omjay memiliki blog pribadinya yaitu https://wijayalabs.blogspot.com sejak 15 tahun yang lalu. Dari menulis blog selama 14 tahun, Omjay sudah mendapatkan pemasukan setiap bulannya.  Omjay juga mendapatkan penghasilan tambahannya dari menulis di https://www.kompasiana.com/wijayalabs.

Dengan menulis setiap hari sangat bermanfaat buat kita pribadi dan bermanfaat untuk orang lain karena melalui tulisan kita, kita akan menyampaikan pesan kepada para pembaca tentang informasi yang diperlukan. Informasi itu akan membuat pembaca merasa tercerahkan dan terinspirasi.

 

Diakhir pelatihan Omjay memberikan closing statement yaitu berkomitmen untuk menulis setiap hari, menulis harus dimulai dengan rasa percaya diri yang kuat, harus dipaksakan dan lawan diri sendiri dari kemalasan. Omjay pun mengatakan diakhir pelatihan: Setiap orang bisa menulis  asalkan dia rajin untuk berlatih membuat tulisan. Dahulu Omjay tidak percaya dia bisa menulis setiap hari, dengan komitmen yang kuat Alhamdulillah Omjay bisa mewujudkannya dan memegang teguh untuk tidak mengcopy paste dan meniru gaya orang lain, Omjay memiliki gaya dan ciri khas sendiri dalam membuat tulisannya.

Alhamdulillah tulisan Omjay banyak dibaca orang lain.

 

Diujung materi yang dipaparkannya dia memberikan support  kepada kami dengan memberi mantra ajaib Omjay, “Menuliskah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi.”

 

Demikian resume dari kegiatan di hari ini, terimakasih Omjay, sungguh materi yang luar biasa membuat peserta terutama diri pribadi saya menjadi bangkit untuk berkomitmen menulis setiap hari. Tiada hal yang tak mungkin jika kita tetap berusaha.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis