Judul              : Vitamin Penyembuh Virus Writer’s Block

Resume ke    : 7

Gelombang    : 29

Tanggal          : 10 Juli 2023

Tema              : Mengatasi Writer’s Block

Narasumber  : Ahmad Fatchudin

Moderator     : Ditta Widya Utami, S.Pd.Gr.


Malam ini tepatnya dari hari ke-7 pada tanggal 10 Juli 2023, sungguh tak terasa kami menyelesaikan pembelajaran di Kelas Belajar Menulis angkatan 29.

Pembelajaran yang luar biasa membangun semangat kami yang mulai kendor bersama Bapak Ahmad Fatchudin sebagai moderator dan Ibu Ditta Widya Utami, S.Pd. Gr sebagai narasumber.

Ibu Ditta Widya Utami, S.Pd.Gr., seorang guru IPA yang mengajar di SMP 1 Subang, Jawa Barat. Beliau lahir pada tahun 1990. Dapat dikatakan seorang Penulis muda, dengan berbagai hasil karya sebagai Penulis.

Tema yang dibahas malam ini yaitu “ Mengatasi Writer’s Block”.

Sebelum membahas lebih dalam, beliau mendefinisikan pengertian dari Writer’s Block, yang disingkat WB. Menurut Beliau WB adalah sebuah keadaan ketika Penulis merasa kehilangan kemampuan menulis, dalam arti tidak menemukan gagasan baru untuk tulisannya.

Beliau menambahkan kondisi WB jika terus menerus dibiarkan akan mengakibat seorang Penulis kehilangan produktifitasnya dalam menulis.

Setiap Penulis pasti pernah merasakan terkena wabah WB, tetapi tidak sama dalam proses penyembuhannya.

Ada yang cepat dalam hitungan detik sudah sembuh, hitungan menit, hitungan jam, hari, mingguan, bulanan, bahkan sampai bertahun-tahun baru sembuh.

Cepat atau lambatnya kita sembuh dari wabah/virus WB tergantung pada diri kita sendiri yaitu seberapa cepat kita bergerak untuk menanggulangi virus Wb yang menyerang kita?

Jika kita sedang terkena WB, alangkah baiknya kita melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan mood kita diantaranya : melakukan healing, baca buku/artikel yang ringan/mencari referensi tambahan (dari berbagai sumber), mendengarkan musik, menonton film, atau melakukan aktivitas fisik seperti berkebun, memasak,  olahraga, dan lain-lain.

Pilihlah kira-kira mana yang dapat cepat menghilangkan virus WB.

Selama kita menulis, kita tidak perlu mengkhawatirkan, apa menurut pendapat orang lain berkenan yang tidak baik.

Berikut kutipan penyebab dan menanggulangi secara terperinci dari WB :

1.      Jika penyebab dikarenakan kurang inspirasi, diusahakan untuk membaca , melihat, dan mendengar hal-hal baru. Hal itu dapat menginspirasi kita.

2.     Jika penyebabnya karena terlalu perfeksionis, tanamkan pada diri sikap tersebut akan membunuh kreativitas, sehingga kita dapat bersemangat lagi.

3.     Jika penyebabnya adalah lelah fisik dan mental, maka yang perlu dipersiapkan adalah tempat kita menulis. Posisi duduk dapat mempengaruhi produktivitas kita saat menulis. Hal yang lainnya pastikan untuk cukup beristirahat. Usahakan untuk tidur tidak larut malam, agar bangun dapat lebih awal.

4.     Saat menulis diusahakan tidak sedang melihat-lihat fitur Hp. Hilangkan semua distraksi saat menulis agar kita lebih fokus dan lebih produktif.

5.     Jika penyebabnya karena merasa takut, dapat dihilangkan dengan mendengarkan musik dan rileksasi. Saat tulisan kita sudah terpublikasikan tidak perlu merasa takut, karena tulisan kita sudah milik publik. Jadikan komentar yang tidak baik menjadi masukan agar tulisan kita kedepannya akan lebih baik lagi.

Diakhir materi dan Tanya jawab malam ke-7 ini, narasumber memberikan support dari tulisannya “Teruslah memberi arti pada setiap orang yang kita temui, dalam setiap hal yang kita lalui, dan untuk setiap waktu yang kita miliki.”

Semoga ilmu yang saya dapatkan di malam ini, dapat lebih menginspirasi saya untuk terus menulis dan menulis. Aamiin Aamiin YRA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis