Judul                       : Cari Tau Bagaimana mendapatkan Keberkahan Menulis

Resume ke              : 27

Gelombang             : 29

Tanggal                  : 25 Agustus 2023

Tema                      : Berprestasi dan Go International Berkah Menulis

Narasumber            : Rita Wati, M.Kom.

Moderator              : Nur Dwi Yanti, M.Pd.       

 

Seperti biasa sebelum memulai pelatihan moderator ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. mengenalkan narasumber dengan
mengirim profil beliau.

Narasumber terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjungpinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.

Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjungpinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali.

Beliau menyelesaikan S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Aktivitas yang dijalani narasumber saat ini adalah sebagai guru di SMP Negeri 2 Mendoyo, Blogger, penulis, moderator, dan youtuber.

Usai kami membaca profil narasumber ibu Rita, tiba waktunya narasumber memaparkan materi yang disampaikan kepada kami.

Awal mula ketertarikan narasumber Ibu Rita dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal saya menjadi mahasiswa. Karena pada saat ibu Rita berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku, tetapi belum bersemangat untuk menulis.

Setelah 18 tahun mulai menggebu kembali, saat itu saya tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis.

Dengan mengikuti kelas menulis dengan membuat resume selama 30 pertemuan akhirnya saya semangat menulis kembali dan diajak dengan ibu Sri Sugiatuti yang akrab dipanggil ibu kanjeng sebagai kurator.

hingga saat ini narasumber telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi dimana 5 antologi saya yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis juga.

Pengalaman menulis yang terbaru narasumber berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI Wilayah Bali Nusra.

Seiring dengan waktu akhirnya beliau berkesempatan belajar di CS50X Harvard University dan Vlounter AIV kerjasama Kemendikbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan.

Tujuan awal narasumber menulis karena hobi, awalnya mulai dari hadiah buku, tumbler, ATK hingga tablet, laptop, uang tunai saya raih berkah dari belajar menulis di sini.

Ibu Rita memberikan tips dalam menulis:

1.     Menulis dengan topik yang disenangi

2.     Menguasai diri

3.     Menulis semua ide yang muncul

4.     Membuat judul yang menarik

5.     Selalu fokus dengan topic pembahasan

6.     Selain menulis, penulis harus perbanyak membaca buku yang sejenis, penulis harua sering melakukan pelatihan yang menunjang perbaikan dalam menulis

7.     Penulis harus sering melatih diri dengan sering menulis

8.     Penulis harus memilih diksi yang tepat

9.     Saat menulis sisipkan perumpaan

10.  Melakukan riset sebelum tulisan di publikasikan

11.  Menuangkan Ekspresi dan emosi  di dalam tulisan.

Poin yang didapatkan dari pelatihan bersama narasumber yang hebat ibu Rita yakni modal utama dalam menulis adalah kemauan yang tinggi, lakukan perubahan, buang jauh rasa tidak pede, selalu mencari dan bergabung mengikuti komunitas. Kita dapat sukses melalui tulisan.

Teruslah menulis dengan apa yang ada di dalam pikiranmu, suatu saat tulisan akan bermanfaat dan bermakna untuk orang lain.

 

 

#SALAM LITERASI#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis