21 Juni 2023

 

Judul              : Produktif di usia Senja

Resume ke    : 2

Gelombang    : 29

Tanggal          : 21 Juni 2023

Tema              : Writing is My Passion

Narasumber  : Sri Sugiastuti, M.Pd.

Moderator     : Sigit PN, S.H.


Ibu Sri Sugiastuti, M.Pd yang sering akrab dipanggil Bunda Kanjeng ini telah membersamai kami di hari Rabu Malam Kamis tepatnya tanggal 21 Juni 2023, diacara Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI gelombang ke-29. Pada acara ini Bapak Sigit PN, S.H. sebagai moderator.

Kelas Belajar Menulis Nusantara kali ini, peserta disuguhkan motivasi lewat pengalaman hidup Bunda Kanjeng dalam berliterasi. Bunda Kanjeng lahir pada tanggal 8 April 1961, diusia yang sudah tidak muda lagi beliau semakin bersemangat untuk berliterasi dan memberi semangat buat kami yang baru membuka diri untuk berliterasi.

Ternyata hobby menulis beliau terbentuk dari keluarga yang saat beliau masih kecil, ibu beliau mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berliterasi. Membaca dengan nyaring itulah yang diajarkan oleh sang ibu kepada Bunda Kanjeng.

Bunda Kanjeng memulia menulis sejak SMP, kemudian sempat terhenti karena menikah dan mengurus rumah tangga. Diusia yang ke-50 barulah beliau memulai kembali menulis. Semangat beliau muncul kembali menulis karena dia diberi semangat oleh Penulis yang tulisannya terbit di Gramedia.  Akhirnya beliau mengumpulkan file-file menulis yang berserakan.

Di akhir tahun 2013 beliau berkomitmen menjadi Penulis, motivator, narasumber, dan menebarkan virus literasi. Akhirnya beliau bergabung di PGRi, dan mulai sering mengadakan diklat literasi.  

Bukunya yang pertama berjudul The Strories of Wonder Women yang dimediasi oleh media guru. Pengalaman bunda di penerbit mayor yaitu menerbitkan buku demi menyongsong generasi emas 2045 yang berjudul Cerdas Berkarakter. Dalam buku tersebut menjelaskan tentang profil Pramuka.  Beliau juga menjelaskan kepada kami, jika tulisan kita ingin di terbitkan penerbit mayor, buku yang berjudul Cerdas Berkarakter tersebut dapat dijadikan referensi ketika mempunyai naskah atau buku-buku non fiksi.

Di dunia Kelas Belajar Menulis Nusantara, beliau mendapat gelar Ratu Antologi karena setiap buku yang dikawal beliau, buku antologi berbagai tema Alhamdulillah pasti jadi buku. Beliau berharap kepada kami untuk lebih kreatif dan mau menjadi kurator dengan tema khusus mengajak rekan-rekannya menjadi suatu buku.

Berdasarkan pengalamananya, beliau berpesan kepada kami untuk menikmati proses yang terjadi karena suatu saat kita akan menuju dimana titik itu akan sesuai dengan tujuan kita. Hal inilah yang membuat saya semakin semangat untuk terus menulis.

Semoga semangat Bunda Kanjeng dalam berliterasi akan tertular kepada kita peserta Kelas Belajar Menulis PGRI-29 khususnya saya pribadi.

Resume pada Kelas Belajar Menulis Nusantara kali ini, saya akan tutup dengan pesan pribadi saya yang saya peruntukkan untuk saya pribadi dan pembaca yakni:

Giatkan selalu literasi kita setiap hari, dengan berliterasi insyaAllah kita akan berfikiran luas dan menjadi pribadi yang berkarakter. Jangan lupa untuk selalu mengajak teman-teman sekeliling untuk maju bersama dengan memotivasi mereka untuk berliterasi.

SALAM LITERASI


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis