Judul              : Blog Sarana Guru Profesioanal dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Resume ke    : 5

Gelombang    : 29

Tanggal          : 28 Juni 2023

Tema              : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber  : Dail Ma’ruf, M.Pd.

Moderator     : Helwiyah, S.Pd..M.M.

 

Sungguh luar biasa, malam ini tepatnya pada pelatihan Kelas Belajar menulis Nusantara angkatan ke-29.

Disela-sela kesibukan sebagai ibu dan istri untuk menyiapkan menu hidangan saat pulang sholat Idul Adha besok, Alhamdulillah masih bisa mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber yang paling hebat dan keren Bapak Dail Ma’ruf, M.Pd. dan moderator yang bersemangat Ibu Helwiyah, S.Pd.,M.M.

Saya merasakan sensai tersendiri malam ini, karena malam ini juga saya mengikuti pelatihan dengan diiringi kumandang takbir dari dua masjid dekat rumah.

Bapak Dail Ma’ruf sebagai narasumber lahir di Serang 13 Mei 1977, bergabung di Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Juli 2021 dan lulus di gelombang 20 .

Beliau telah memiliki 1 buah buku solo dan 40 buah buku antologi.

Malam ini narasumber mengusung tema “Blog Sebagai Media Pembelajaran”.

Menurut beliau di era digital 5.0 dibutuhkan media digital agar guru/dosen dapat terus beradaptasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu media yang menjadi tema malam ini yaitu media blog sebagai salah satu media pembelajaran.

Tahun 1998, blog baru dikenal di Indonesia, oleh Jhon Barger. Blog berasal dari kata weblog. Weblog menurut Barger merupakan istilah website yang bersifat pribadi dan dapat diperbaharui dari waktu ke waktu.

Narasumber memaparkan terdapat 5 manfaat dari blog pada dunia pendidikan:

1.      Blog bagi guru dapat dijadikan rumah belajar dan berbagi

2.     Blog memiliki keuntungan bagi guru, yaitu dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar.

3.     Blog bagi siswa dapat meningkatkan minat belajar.

4.     Blog merupakan media online yang dapat diakses oleh siapa pun.

5.     Dan yang tidak kalah pentingnya, blog dapat memperpanjang silaturahmi.

Pada pelatihan kali ini, narasumber mengajak kami, untuk melihat Blog pribadinya kemudian kami disarankan untuk mengomentari blog pribadinya.

Dalam blog tersebut terdapat 5 tema, peserta dianjurkan untuk mengomentari salah satu tema tersebut.

5 tema tersebut yaitu :

1.      Ponpes Al Zaytun

2.     Idul Fitri dan Idul Adha yang Tak Sama Perayaannya

3.     PPDB dengan System Zonasi

4.     MPLS dan Manfaatnya

5.     Pro Kontra Wisuda di Tingkat Sekolah.

Dari kelima itu, saya pun mengomentari tema yang ke lima yaitu Pro Kontra Wisuda di Tingkat Sekolah.

Berikut komentar yang saya ajukan :

Menurut saya, wisuda di Satuan Pendidikan dari tingkat PAUD, SD, sampai Satuan Pendidikan Menengah untuk ditiadakan saja, walaupun pemerintah memperbolehkan asalkan ada kolaborasi dan disetujui oleh pihak komite. Untuk Pembiayaan tidak membebani orang tua siswa.
Hal ini agar arti wisuda akan lebih bermakna dan kembali seperti dahulu, siswa di wisuda saat telah menyelesaikan pendidikan sampai dengan Universitas.

Akan terasa kebanggan sendiri saat seremonial pemindahan tali toga di kepala mahasiswa.

Kemudian di sesi Tanya jawab, saya pun menyematkan pertanyaan, sebagai berikut:

Media pembelajaran dapat dijadikan tempat guru mengadakan ulangan dan siswa dapat menjawab di kolom komentar. Yang menjadi pertanyaan saya kepada narasumber yaitu Bagaimana caranya agar peserta didik menjawab pertanyaan dengan tidak mengcopy paste jawaban siswa lainnya.

Rangkuman yang dapat saya sematkan dari jawaban narasumber yakni:

1.      Guru harus memberi aturan yang tegas, seandainya jawabannya sama dengan jawaban yang sebelumnya dianggap belum menjawab dan boleh untuk mengulang.

2.     Agar lebih efektif sebaiknya dibuatkan googleform. Siswa menjawab di googleform yang telah guru share di blog.

3.     Intinya agar siswa lebih terbiasa untuk menggunakan media pembelajaran berupa blog.

Sungguh ilmu yang luar bisa yang disampaikan narasumber malam ini, semoga kita sebagai guru di era digital 5.0 ini akan terus mengembangkan diri menjadi seorang guru yang lebih profesioanal dibidang ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis