Judul              : Mengembangkan Diri Menjadi Penulis Berprestasi

Resume ke    : 4

Gelombang    : 29

Tanggal          : 26 Juni 2023

Tema              : Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber  : Aam Nurhasanah, S.Pd.

Moderator     : Mutmainah, M.Pd.


Gali Potensi Ukir Prestasi, inilah tema dari narasumber hebat kita ibu Aam Nurhasanah, S.Pd., pada Kelas Belajar Menulis Nusantara ke-29 pada tanggal 26 Juni 2023.

KBMN malam ini diawali dengan pemaparan profil dari narasumber oleh moderator yang bersemangat yakni ibu Mutmainah, M.Pd.

Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. lahir di Cipanas tanggal 12 Agustus 1988. Beliau bekerja sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Satu Atap 4 Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Beliau berhasil berkarya menjadi Penulis di 62 buku yaitu buku antologi dan 4 buku solo, beliau juga aktif dibeberapa komunitas menulis, dan beberapa prestasi diantaranya pernah menjuarai lomba Blog PGRI pada Maret 2021, meraih juara 1.

Beliau membagi pengalamannya untuk penginspirasi kami semua.

Beliau memulai menjadi Penulis setelah mengikuti KBMN yang ke-12. Dari situlah semangat narasumber berkobar kembali.  Tulisan pertama yang beliau tulis, berhasil dibukukan dalam buku antologi bersama Bunda Kanjeng Ibu Sri Sugiastuti, M.Pd. yang berjudul Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng.

Bunda Kanjeng inilah sebagai penyemangat beliau untuk berliterasi sehingga dia menyebutkan Bunda kanjeng Ibu Sri Sugiatuti, M.Pd. sebagai Bunda Literasi dan Bapak Dr. Wijaya Kesuma, M.Pd. sebagai Ayah Literasi.

Pada bulan Agustus tahun 2020, beliau berhasil menerbitkan buku solo yang pertama, setelah lulus KBMN ke-12 yang berjudul Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat.

Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. merasa bersyukur dapat bergabung dalam KBMN bersama penulis-penulis hebat PGRI, karena tulisan beliau berhasil ditebitkan oleh penerbit Mayor dan berjejer di rak-rak buku Gramedia se-Indonesia. Buku tersebut berjudul Parenting 40: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences.

Selain menjadi Penulis, beliau juga suka menyanyi. Merupakan hobi yang dapat terwujud prestasi.

Menurut narasumber kali ini, membutuhkan proses untuk menggali potensi yang dimiliki. Tidak seperti kita memakan cabai, akan langsung terasa pedasnya.

Sekarang beliau tidak hanya menjadi penulis, moderator, kurator, juara blog, hingga menjadi editor, tetapi beliau juga berprofesi sebagai narasumber dan manjadi salah satu juri lomba blog tingkat Nasional.

Beliau mengatakan kepada kami peserta KBMN ke-29, jangan menunggu waktu luang baru menulis, tetapi luangkan waktu untuk menulis.

Biasakan untuk menulis satu hari satu halaman. Cara untuk memulai tulisan dapat dimulai dengan hal yang kita sukai, kemudian buat menjadi 3 paragraf yaitu paragraph pembuka, paragraph isi, dan terakhir paragraph penutup. Kita harus percaya diri dengan tulisan kita, karena tulisan yang kita tulis menurut kita biasa saja, akan bernilai luar biasa untuk orang lain.

Pengalaman yang luar biasa dari narasumber. Beliau dapat membagi waktu antara urusan pekerjaan di sekolah, mengurus rumah tangga, dan menulis.

Sungguh semangat yang patut untuk ditiru dan pengalaman yang patut untuk dijadikan motivasi, karena dalam kurung waktu dari tahun 2020 sampai 2023 beliau sudah banyak menghasilkan karya sebagai Penulis.

Semoga dengan pemaparan ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. ini membuat kita peserta KBMN ke-29 ini lebih termotivasi untuk memulai menulis setiap hari, sehingga membuat pegiat literasi di nusantara semakin menjamur dan berhasil memulai menularkan virus literasi ke orang-orang terdekat.  Hal itulah awal kita menggali potensi untuk mengukir prestasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis