Judul                 : Resume dan Teknik Pembuatannya

Resume ke         : 3

Gelombang        : 29

Tanggal             : 23 Juni 2023

Tema                : Teknik Penulisan Resume

Narasumber      : Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd.

Moderator         : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.


Pada kesempatan Kegiatan Belajar Menulis Nusantara (KBMN) 29 hari ke-3 dipandu oleh seorang moderator yang bersemangat, Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. dan narasumber yang hebat, Ibu Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd. dengan mengusung tema Teknik Penulisan Resume.

Ibu Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd. lahir di Pontianak pada 16 April 1975 yang memiliki motto “Berfikir Positif, Lakukan yang Bermanfaat, dan Jadi Diri Sendiri”.

Resume seperti yang telah kita ketahui merupakan rangkuman atau ringkasan dari satu atau lebih paragraph pada sebuah tulisan atau karangan.

Sebuah resume harus memuat informasi penting, yakni judul dari materi yang disampaikan oleh narasumber adalah yang utama, yang kedua adalah ringkasan singkat dari hasil yang disampaikan narasumber, dan yang ketiga memuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan narasumber.

Yang harus diperhatikan dalam meresume, yang pertama yakni mengamati tema yang disampaikan narasumber, menyimak dengan seksama materi yang disampaikan, kemudian memulai menulis resume.

Resume dipastikan tidak mengcopy paste dari apa yang ditulis oleh narasumber, diusahakan menulis dengan gaya bahasa sendiri, kemudian kembangkan dengan bahasa yang khas sehingga pembaca akan lebih memahami arti dan maksud tulisan resume penulis.

Seorang penulis harus yakin dan percaya diri dengan tulisannya, tentu dengan sumber yang akurat.

Kuatkan mental sebagai penulis untuk menerima segala kritik dan saran. Jadikan kritik dan saran sebagai sumber untuk perbaikan menjadi Penulis yang lebih baik lagi.

Jika keyakinan, percaya diri, dan mental sudah terbentuk mulai untuk sebarkan tulisan diberbagai media informasi/blog.

Pada pelatihan KBMN 29 ini tugas yang utama untuk peserta adalah wajib menulis resume setelah setiap kali selesai pelatihan. Jika peserta mengumpulkan resume di blog yang paling cepat biasanya akan mendapatkan hadiah kejutan dari narasumber berupa buku secara gratis. Keuntungan yang lainnya kemungkinan besar blog kita akan banyak terbaca oleh peserta yang lain karena yang pertama saat mengisi list pengumpulan tugas resume.

Ibu Raliyanti, S.Sos.,S.Kom.,M.Pd. membagikan trik yang bersumber dari ibu Maesaroh sebagai narasumber KBMN gelombang 19 dan 20 kepada peserta, agar dapat mengumpulkan resume dengan cepat yaitu:

1   Peserta untuk melakukan persiapan 10 menit sebelum pelatiahan dimulai dengan mempersiapkan perangkat berupa laptop yang sudah tersambung dengan WA WEB agar Penulis dapat lebih mudah dalam menulis.

2.  Peserta menuliskan kalimat pembuka dan penutup yang disampaikan oleh narasumber.

3. Peserta menuliskan resume dengan tulisan dalam paragraph dengan kalimat yang singkat, agar tulisan dapat bermakna.

4. Menulis pernyataan yang diutarakan oleh narasumber dengan bahasa sendiri dengan arti dan maksud yang sama.

Diakhir memberikan materi, narasumber mengatakan dalam tulisannya, jangan pernah katakan tidak bisa pada setiap kesempatan, apalagi dalam hal berliterasi, jangan ragu untuk memulai untuk menulis, mulailah menulis dengan apa yang dilihat, didengar, dan dipahami. Yang terakhir beliau berpesan, banyaklah membaca karena akan menambah referensi untuk memperbaiki tulisan. 

Sungguh materi yang luar biasa, membuat adrenalin menulis pun semakin meningkat dan bersemangat.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Melintas.id Media Online Bagi Penulis